Sabtu, 22 Mei 2010

Balada Orang Susah

Orang susah memang susah.. Mereka layak untuk dibantu demi mengurangi sedikit rasa kesusahannya itu.. Namun apa yang terjadi jika orang susah kerjaannya justru menyusahkan orang lain..?? Layakkah mereka kasihani..??
Ambil contoh sederhana saja.. Seorang kondektur bus yang busnya lagi sepi penumpang. Mereka justru menarik bayaran melebihi standart umum dari biaya yang dikeluarkan oleh pemerintah. Bagaimana jika orang yang naik bus tersebut kebetulan uangnya tinggal itu saja ? Sungguh ironi memang. Mereka adalah orang susah tapi mereka justru senang membuat orang lain menderita.
Ada satu lagi kasus, Ada seorang pedagang rokok kaki lima di pinggir jalan. Dengan intrik dan dalih yang luar biasa keren (mengalahkan dedi mizwar malah), mereka dengan mudahnya mengaku ngaku bahwa uang pembeli yang digunakan untuk membeli rokok adalah 20ribuan. Padahal si pembeli merasa dengan sadar bahwa ia mengeluarkan uang pecahan 50ribuan.
Sungguh mereka mereka itu adalah orang melarat dan kere serta susah yang sangat tidak pantas dikasihani. Dalam keterbatasan tersebut mereka masih bisa membuat orang lain menderita.

0 komentar:

Posting Komentar