Jumat, 27 Maret 2009

D4 Teknik Pengelasan PPNS-ITS

Sebagai salah satu Politeknik Negeri terbaik di Indonesia dan satu satunya yang bergerak di bidang perkapalan dan maritime, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) telah membuka Program Studi baru. Program Studi yang digadang gadang bisa mendobrak paradikma masyarakat tentang pengelasan ini dibuka tahun 2007 kemarin. Dengan 24 laskar pelangi yang siap berjuang demi tegaknya supremasi pengelasan di Indonesia, D4 Teknik Pengelasan terus berusaha berbenah diri.
Kini Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya sudah meluluskan aka menelorkan angkatan pertama Program Studi D4 yang menurut undang undang dari pemerintah telah setara dengan program sarjana aka S1. D4 Teknik Pengelasan memberikan gelar Sarjana Sain Terapan, S.ST dibelakang nama alumni.nya. Misalnya, Victor Rizal Filosofi, S.ST :D
Namun untuk masalah akreditasi, tolong jangan ditanyakan terlebih dahulu. Mengingat D4 Teknik Pengelasan ini adalah program studi baru, tentu saja angka akreditasi masih belum bisa dilihat. Jika melihat dari induknya, yaitu Jurusan Teknik Bangunan Kapal, maka angka akreditasinya adalah B. Masih dibawah Jurusan Teknik Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang uda mendapatkan angka akreditasi terbaik, yaitu A
Kembali ke laptop dolo rek...hhe
Kompetensi Lulusan :

  • Mampu mengidentifikasi material serta memahami symbol pengelasan, geometri sambungan dan diskontinuitas pada pengelasan.
  • Mampu merencanakan dan mengkoordinasiakn kebutuhan material, tenaga kerja penjadwlan serta perhitunganbiaya dalam pekerjaan – pekerjaan dibidang peneglasan.
  • Mampu mendesain dan mengkualifikasikan welding procedur
  • Menguasai pengujianDestructive test dan Non Destructive Test serta mengaplikasikannya.
  • Mampu bertanggung jawab dan bertugas sebagai inspektur las, menguasai metalurgi pengelasan, proses pengelasan dan pemotongan
  • Mampu melaksanakan pekerjaan manajerial dan mempunyai wawasan kewirausahaan.

Sebagai satu satunya program pendidikan tinggi pengelasan di Indonesia, tentu saja D4 Teknik Pengelasan mengemban misi berat. Yang paling berat tentu saja memperkenalkan program studi baru ini kepada dunia industri. Jangan sampai industri tidak tahu akan keberadaan program studi D4 Teknik Pengelasan. Lalu siapa yang paling bertanggung jawab memperkenalkan program baru ini..? Saya rasa tidak ada yang paling bertanggung jawab. Semua pihak yang telah memutuskan untuk bergabung disini mempunyai peran dan tanggung jawab yang sama. Tujuannya hanya satu, membawa era emas pengelasan kembali ke tanah air tercinta, Indonesia!!!

Tambahan, untuk elemen mesin:

12 komentar:

  1. wah mas Victor semangat sekali ya..... SALUT... semangat terus ya :)

    BalasHapus
  2. Selamat dan sukses unt segenap alumni D4 Teknik Pengelasan PPNS-ITS
    Vivat!!!!

    BalasHapus
  3. mas prospek kerja t.pengelasan i bgmn? kasih saran dong. sy baru masuk t. pengelasan 2012

    BalasHapus
  4. bagus banget gan
    silahkan dibuktikan sendiri jika nggak percaya
    hehehe

    BalasHapus
  5. Semster 7 nya magang ya mas? Magang nya di mana mas? Di tukang las??

    BalasHapus
  6. @Yopi : Bukan magang, tapi On The Job Training..
    Biasanya di perusahaan yang ada kegiatan pengelasan di dalamnya

    BalasHapus
  7. kalo udah lulus kerjanya gimana ya mas?

    BalasHapus
  8. selama kuliah di D4 Teknik Pengelasan menurut Mas Victor adakah hal2 yang memberatkan, misalnya tugas-tugasnya atau mata kuliahnya gitu. kebetulan saya diterima di Teknik Pengelasan PPNS, Mas. hehe

    BalasHapus
  9. Mas, kasih tahu dong kalo lulusan d4 teknik pengelasan kerjanya rata" dimana plus gajinya berapa? Hehe makasih mas
    Saya baru ditrima di d4 teknik pengelasan ppns mas

    BalasHapus
  10. Email langsung ae nek pengen tekon tekon jeeh, ben isok fast respon

    BalasHapus