Senin, 19 Maret 2012

ZTE MF691

Modem ini merupakan keluaran salah satu vendor terkenal dari Cina, ZTE. Kita uda tau bahwa ZTE merupakan brand terkenal untuk urusan modem dan juga mobile phone , walauupun dalam urusan mobile phone masih kalah tenar dibanding BB, Nokia, Samsung, HTC, SE dan vendor global lainnya, namun dalam urusan modem, ZTE dapat disejajarkan dengan vendor modem besar laiinya seperti Huawei,Tmobile dll.
Salah satu produk dari ZTE yang akan saya bahas kali ini adalah modem HSDPA ZTE MF691. Modem 4G ini memiliki kemampuan yang sangat handal dalam pendistribusin dara, eh data maksudnya..hhhe. Dengan kecepatan donwload hingga 21Mbps dan upload  5.2Mbps menjadikan modem ini dalam jajaran modem kelas satu. Selain itu modem ini juga dilengkapai dengan dukungan pembaharuan software yang bisa langsung di donlod disitus resmi ZTE. Kebetulan modem gw branded dengan T-Mobile, jadi kalo mau update firmwarenya langsung saja via situsnya T-Mobile, bukan situsnya ZTE. Tapi trust me, sebenarnya sama aja kok.
Ngomongin masalah penampilan, ZTE MF691 ini tampil dengan busana nan elegan dan simple. Berbalut warna silver menjadikan penampilannya terkesan mewah dan elit. Dengan aksen tulisan T-Mobile melekat de kedua sisinya semakin menambah kesan bahwa modem ini benar benar modem papan atas. Dilengkapi juga dengan indikator signal yang bisa berubah sesuai dengan sinyal yang didapat, jika mendapatkan jaringan GPRS/EDGE maka indikator akan berkedip hijau, kalo dapet sinyal HSDPA ia akan berkedip warna ungu. Selain itu, jika modem sudah terkonek dengan internet, maka lampu indikator ini akan berhenti berkedip pemirsa. Kelebihan laiinya adalah type port USB nya adalah swiwel. Jadi bisa diputer puter sekehendak hati. Dengan model swiwel ini, ZTE MF691 dijamin nggak akan boros ruang dan waktu..hhe. Kan biasanya kalo modem biasa bongsor2 tuh, akibatnya port USB yang jumlahnya 2 kemakan semua sama si modem, tapi kalo ZTE MF691 ini beda. Dia bisa diputer hingga sisa port USB yang lainnya masih bisa digunakan untuk sekadar colokan flasdick atau mouse.
Dengan banderol yang relatif murah ( 225-250 rb ) maka tak ada salahnya untuk memilih modem ini sebagai senjata andalan untuk mengarungi kerasnya dunia maya. Mau YM an atau FB an dijamin bakalan lancar jaya..hehe. Intinya untuk masalah inet, ZTE MF691 inilah jagonya.
Kelemahan dari modem ini adalah dia mudah panas, tapi walaupun panas, performa yang dimilikinya masih bisa terus stabil. Ini yang gw heran, biasanya modem kalo uda panas tuh performanya pasti menurun, tapi kalo yang ini beda. Dia panas tapi tetep aja bisa diajak lari. Untuk solusi masalah ini, saran gw pasang modem ini di deket kipas angin, sekalian buat ngademin badan sama leppy loe loe pada..hahaha
Kelemahan yang lain menurut gw ada pada struktur bodinya. Warna silver yang gw bilang diatas adalah cat, bukan dari logam. Mungkin pertimbangan menggunakan material plastik adalah untuk menekan harga dan berat. Maklum aja, disaat yang lain masih berkutat di speed 7.2Mbps, dia uda mampu berlari hingga 21Mbps dan dengan tawaran harga yang sama dengan modem 7.2Mbps.
Jika saja jaringan seluler data di Indonesia sudah mampu memberikan kecepatan diatas 21Mbps, tentu saja modem ini akan menemukan partner yang sesuai. Namun sayang, operator GSM di Indoensia baru mampu berlari sebatas 3.6Mbps saja, sunguh ironis.
Kesimpulannya, modem ini unggul dalam hal kecepatan dan type USB swiwel yang bisa diputer2 dan lemah dalam hal cassing serta cepat panas.
Sekian review dari gw, selamat memilih (^_^)

34 komentar:

  1. garansi gimana gan?ane punya AHA udah setahun lewat mati total ga bisa dibenerin.bisa tapi harga chip-nya sama aja kaya beli modem baru

    BalasHapus
  2. Garandi..? Buang aja kalo rusak gan
    Murah atuuh :malus

    BalasHapus
  3. USB swifel bukannya rentan rusak, gan, ibarat kabel flexibel di laptop atau Hape sliding. mungkin ini penyebab modem 691 harganya murah. Tapi memang benar, modem dengan speed 21mbps bisa download dengan max speed 600kbps. Saya punya 3 modem, ZTE 636 7,2mbps speed download cuma 400 kbps, ZTE Vodafone 3805z 14mbps speed download 500kbps, dan Sierra 308 21mbps speed download sampai 600kbps (speed setelah quota)

    BalasHapus
  4. Benar gan, kekurangan swiwel adalah rentan rusak pada swiwelnya, namun perlu diingat gan, semua tergantung user. ZTE corp, uda mendesain swiwel ini sebagus mungkin, jadi ane rasa swiwel ini bukan kelemahan, namun justru bisa disebut sebagai kelebihan dari modem ini. Praktis ruang usb bisa dipake unt keperluan yang lain. Saran aja mending pake usb extend, jd swiwel jarang dipake :)
    Salam

    BalasHapus
  5. Keren gan reviewnya
    Ane barusan beli kemaren, gampang panas neh modem

    BalasHapus
  6. ZTE MF691 bisa punya fitur buat "call" dan trima "call" ga ?
    maksudnya kalo da teman ngebel ke no yg dijadikn modem itu, bisa diangkat dari laptop juga gitu...

    BalasHapus
  7. ZTE MF691 nggak punya fitur call gan
    Dia ganya suppert unt text saja

    BalasHapus
  8. mw nanya gan kalo sinyal nya gimana gan? trus bisa di kodokin gak gan?

    BalasHapus
  9. SinyaL bagus gan
    Diatas rata rata

    BalasHapus
  10. tapi sayang gan gak support mdma, harus kodok manual!

    BalasHapus
  11. Betul sekali gan
    Ga bisa pake MDMA
    Harus pake cara sadis kalo mau mainan kodok

    BalasHapus
  12. kalo kodok manual bisa gak gan? cz ane mw beli! klo bisa tolong kasih tutornya gan! thank be 4 gan

    BalasHapus
  13. Kalo pake kodok manual bisa gan
    Unpetin tuh midem sampe ga dapet siNYal HSDPA
    Lalu konek dah ketika sinyal masih EGDE
    Ketika uda konek baru pindahin modem ke tempat yang terjangkau sama sinyal HSDPA

    BalasHapus
  14. hahahaa buset ribet amad gan,, tapi makasih gan! maju trus buat blognya!

    BalasHapus
  15. Hahaha, ya itulah kelemahannya gan
    ga kedetect pake MDMA :D

    BalasHapus
  16. aku baru beli... baru nyoba....ya memang liar....
    Makanya cepat panas....hehe..

    Sharing sedikit gan....kalau masalah panas itu timbul karena si modem berusaha cari koneksi normalnya, jadi kalau si modem berada pada kecepatan sangat rendah dari specknya ya lebih baek di dekatin dengan kipas angin gan biar adem haha... sebaliknya coba pake pada saat kuota Full pada jaringan dengan baloknya full biasanya lima balok, ya modemnya juga adem-adem sj..

    jadi kesimpulannya aku beli modem ini hanya untuk digunakan pada saat banyak yang make jaringan....biar bisa menguasai bantwits...ibarat corong yang moncongnya besar itulah T-Mobile ZTE MF691..hehe

    BalasHapus
  17. Setuju gan. Emang dia bagaikan moncong besar untuk merebut seluruh data provider.
    Salemat memulai petualangan baru with ZTE MF691 Gan

    BalasHapus
  18. aku barusan beli mas
    makasih reviewnya

    BalasHapus
  19. Sama sama gan
    Selamat menikmati corong besar..hehehe

    BalasHapus
  20. Nice review gan, ane uda pesen di FJB malam ini :)

    BalasHapus
  21. ane uda make modem ini 1th nan gan
    Hingga sekarang masih tetap lancar jaya gan

    BalasHapus
  22. Gan, buka m0demnya gmna, bwt psang krtu sim? Newbie nie, takut rusak..

    BalasHapus
  23. Gan, pr0vider yg mantep bwt m0dem nie, tlong masukannya.?

    BalasHapus
  24. Gan, pr0vider yg mantep bwt m0dem nie, tlong masukannya.?

    BalasHapus
  25. angkat aja bagian penutupnya gan
    emang agak alot, tp aman kok. Kalo uda bunyi klik, lalu geser
    Mengenai kartu, ane pake axis pro unLimited gan :D

    Semoga membantu

    BalasHapus
  26. gak bisa dipaksa biar sinyal 3g nih, nyesel ane beli.

    BalasHapus
  27. dixp nih modem jalan.. win7 kok gak mau apa settingan saya salah... ajari dong saya baru ini pake gini-ginian.. yang pasti modem oke,,

    BalasHapus
  28. Saya sudah beli modem zte mf 691, tapi tidak bisa digunakan di windows 7. Sudah instal ulang berkali2 tetap tidak bisa connect.Tapi kalau di windows xp lancar tidak ada masalah. Mohon solusinya

    BalasHapus
  29. gan saya mau tanya:
    modem zte 691 udah sy instal tp signal kadang ada kadang tdk. mau di connek, menu conek gak nyala.
    gmn solusinya gan?....
    trims

    BalasHapus