Rabu, 04 Januari 2012

Recruitment Welding Inspector at PT. United Tractors Pandu Engineering PATRIA




Alhmadulillah ya Rab.. Usaha, jerih payah kerja keras dan doa selama ini telah Engkau jawab. Tidak sia sia penantian panjangku selama ini, penantian panjang yang bisa mengakibatkan kejenuhan dan frustasi ( Lebay mode dot com..wkwkw )
Setelah menjalani beberapa proses seleksi yang panjang dan melelahkan, tibalah saatnya kini semua itu berbuah manis. Yaah, PT. United Tractors Pandu Engineering aka PATRIA menjadi pelabuhan keduaKu dalam karier professional di dunia kerja. Setelah sempat gagal menjadi bagian dari PT. Kelola Mina Laut Gresik Jawa Timur ( waktu itu posisiku sebagai MT alias Management Traniee ) akhirnya aku berlabuh di salah satu anak perusahaan United Tractors yang juga merupakan bagian dari Astra Group. Uda pada tau kan Astra Group? Yuup, bener banget. Astra Group adalah pemegang industry terbesar di Indonesia, lebih hebat daripada HM.Sampoerna dan Bank Mandiri sekalipun. Ada banyak anak perusahaan yang berinduk pada Astra. Astra Honda Motor, Astra Daihatsu Motor, Toyota Astra Motor, United Tractors, Bank Permata, Astra Agro Lestari. Astra Garda dan masih banyak yang lain.
Sebelumnya aku jelaskan dulu proses seleksi karyawan baru di PATRIA ini. Pertama kali adalah seleksi berkas, waktu itu aku masukin lamaran via SAC ITS. Kemudian aku harus lolos psikotest dan interview dg psikolog. Seleksi awal ini diadakan di kampus ITS Surabaya tercinta. Setelah lolos dg menyisihkan 400 an pelamar yan lain ( ciee..ciee ) akhirnya aku masuk ketahapan selanjutnya, yaitu interview user di kantor PT. United Tractors Pandu Engineering Kawasan industri Jababeka IX. Nah, disinilah kunci keberhasilan itu. Panggilan interview ke Jababeka sampai ke hp ku hari Senin siang jam 2 an ( aku lupa tanggalnya ) sedangkan pada saat itu, aku juga masih mengikuti seleksi di PT.Astra Honda Motor. Ketika itu seleksi AHM tersebut dihelat di UGM Jogja. Sempat bingung juga niih, soalnya ke Jogja just bawa 1 kemeja dan 1 celana hitam saja. Tanpa piker panjang, aku putuskan hari Senin itu juga berangkat ke Jakarta, dengan bantuan internet, aku tau jika kereta api senja solo berangkat dari stasiun balapan solo petang hari, tepat jam 18.00. Setelah selurus proses selekasi AHM selesai, aku langsung menuju stasiun balapan dan membatalkan rencana pulangku ke Surabaya. Berbekal uang sisa dari UGM, tiket kereta api pun berhasil aku tebus seharga 130rb, senja utama solo, jurusan Solo balapan Jakarta senen.
Sampai di Jakarta masih subuh (hari Selasa), masih banyak orang yang terlelap. Aku putuskan untuk singah dulu di tempat kakakQ di Perumahan Taman Aster Cikarang Barat Bekasi. Sisa uang di dompet kian menipis saja neh L
Keesokan harinya, tepatnya hari Rabu pagi jam 10 aku uda siap diruang lobby PT. United Tractors Pandu Engineering. Dengan memakai kemeja bekas tes AHM tempo hari di UGM ( wlpn bekas kepake kemaren tp kaga bau loh :D ), aku maju untuk mengikuti wawancara dengan user. Sreet..sreet..sreeet, libas abesss. Usernya sampai geleng geleng kepala mendengarkan penjelasanku tentang materi yang mereka tanyakan. Give thanks to Alloh SWT yang uda mengaruniaku keberanian untuk ini J
Oiya, user nya ada 2 orang, 1 orang manager dan 1 orang lagi general manager. Setelah urusan dengan user selesai, wawancara dg BOD aka Board of Director pun masih abu abu untuk di helat. Yuup, masih abu abu soalnya kan harus lolos user dulu baru bisa dijadwalkan interview dengan BOD. Akupun memtuskan untuk pulang ke Surabaya. Setelah bbrp hari bersantai di Surabaya, akhirnya kesempatan unt menjajal BOD pun tersedia. Aku meluncur kembali ke jakarta, namun kali ini tidak menggunakan jasa kereta api, melainkan jasa bus. Tiket Rosalia indah exe class uda terpesan jurusan Surabaya-Bekasi. Lumayan murah, just 185rb saja waktu itu. Singgah dulu di Palur untuk makan malam,lalu oper bus yang menuju Bekasi.
BOD ternyata gampang juga, lolos BOD tes selanjutnya adalah MCU alias Medical Ceck Up alias test kesehatan. Denger2 seh ini sebenarnya just formalitas saja. Aku MCU di Prodia Galaxi, Sukolilo. Deketnya asrama haji Surabaya situ dah. MCU lolos dan kemudian dikasih tau jadwal untuk negoisasi gaji, ngetrendnya tanda tangan kerja J
Dengan gaji pokok dan tunjangan yang diatas rata rata, langsung dah tanda tanganku tertera diatas materai berlabel 6rb.
Dengan gaji dan tunjangan sebesar ini, tentu saja godaan juga semakin besar pula. Semoga aku tetap bisa hidup seperti dulu, hidup seperti anak ndeso sing gak neko neko.
Terima kasih untuk PT. Kelola Mina Laut (KML) yang sudah memecatku gara gara alasan sepele, gara gara alasan kedisplinan yang ga masuk akal. Uda ijin, namun katanya salah prosedur. Aku tersenyum dalam hati, terima kasih untuk KML yang sudah memberhentikanku tanpa harus membayar pinalty, terima kasih uda dikasih uang saku dan merasakan aroma ikan selama bekerja dulu. Sukses selalu buat KML, semoga segera menjadi Integrated Food Industry, ga hanya sea food industry saja.
Akhirnya selesai juga proses seleksi masuk PT. United Tractors Pandu Engineering. Seperti film India, semua berakhir indah.
Pelan pelan terdengar lirih alunan syair dari Tommy J Pissa..

“ Disini.. dibatas kota ini...
“Inginku tuliskan surat untukmu… Biar engkau mengerti, perjalanan hidupku didalam menggapai cita cita...
“Rintangan yang datang silih berganti, pedih perih mencekam menusuki...
“Aku mengharap selalu doa suci darimu, duhai kasih tambatan hati...

0 komentar:

Posting Komentar