Alhmadulillah ya Rab.. Usaha, jerih payah kerja keras
dan doa selama ini telah Engkau jawab. Tidak sia sia penantian panjangku selama
ini, penantian panjang yang bisa mengakibatkan kejenuhan dan frustasi ( Lebay
mode dot com..wkwkw )
Setelah menjalani beberapa proses seleksi yang panjang
dan melelahkan, tibalah saatnya kini semua itu berbuah manis. Yaah, PT. United
Tractors Pandu Engineering aka PATRIA menjadi pelabuhan keduaKu dalam karier professional
di dunia kerja. Setelah sempat gagal menjadi bagian dari PT. Kelola Mina Laut
Gresik Jawa Timur ( waktu itu posisiku sebagai MT alias Management Traniee )
akhirnya aku berlabuh di salah satu anak perusahaan United Tractors yang juga
merupakan bagian dari Astra Group. Uda pada tau kan Astra Group? Yuup, bener
banget. Astra Group adalah pemegang industry terbesar di Indonesia, lebih hebat
daripada HM.Sampoerna dan Bank Mandiri sekalipun. Ada banyak anak perusahaan yang
berinduk pada Astra. Astra Honda Motor, Astra Daihatsu Motor, Toyota Astra
Motor, United Tractors, Bank Permata, Astra Agro Lestari. Astra Garda dan masih
banyak yang lain.
Sebelumnya
aku jelaskan dulu proses seleksi karyawan baru di PATRIA ini. Pertama kali adalah
seleksi berkas, waktu itu aku masukin lamaran via SAC ITS. Kemudian aku harus
lolos psikotest dan interview dg psikolog. Seleksi awal ini diadakan di kampus
ITS Surabaya tercinta. Setelah lolos dg menyisihkan 400 an pelamar yan lain (
ciee..ciee ) akhirnya aku masuk ketahapan selanjutnya, yaitu interview user di
kantor PT. United Tractors Pandu Engineering Kawasan industri
Jababeka IX. Nah, disinilah kunci keberhasilan itu. Panggilan interview ke
Jababeka sampai ke hp ku hari Senin siang jam 2 an ( aku lupa tanggalnya )
sedangkan pada saat itu, aku juga masih mengikuti seleksi di PT.Astra Honda
Motor. Ketika itu seleksi AHM tersebut dihelat di UGM Jogja. Sempat bingung juga niih,
soalnya ke Jogja just bawa 1 kemeja dan 1 celana hitam saja. Tanpa piker panjang, aku
putuskan hari Senin itu juga berangkat ke Jakarta, dengan bantuan internet, aku
tau jika kereta api senja solo berangkat dari stasiun balapan solo petang hari,
tepat jam 18.00. Setelah selurus proses selekasi AHM selesai, aku langsung menuju stasiun balapan dan membatalkan rencana pulangku
ke Surabaya. Berbekal uang sisa dari UGM, tiket kereta api pun berhasil aku
tebus seharga 130rb, senja utama solo, jurusan Solo balapan Jakarta senen.
Sampai di
Jakarta masih subuh (hari Selasa), masih banyak orang yang terlelap. Aku putuskan untuk
singah dulu di tempat kakakQ di Perumahan Taman Aster Cikarang Barat Bekasi. Sisa
uang di dompet kian menipis saja neh L
Keesokan
harinya, tepatnya hari Rabu pagi jam 10 aku uda siap diruang lobby PT. United
Tractors Pandu Engineering. Dengan memakai kemeja bekas tes AHM tempo hari di
UGM ( wlpn bekas kepake kemaren tp kaga bau loh :D ), aku maju untuk mengikuti
wawancara dengan user. Sreet..sreet..sreeet, libas abesss. Usernya sampai
geleng geleng kepala mendengarkan penjelasanku tentang materi yang mereka
tanyakan. Give thanks to Alloh SWT yang uda mengaruniaku keberanian
untuk ini J
Oiya, user nya ada 2 orang, 1 orang manager dan 1 orang lagi general manager. Setelah urusan dengan user selesai, wawancara dg BOD
aka Board of Director pun masih abu abu untuk di helat. Yuup, masih abu abu soalnya kan harus
lolos user dulu baru bisa dijadwalkan interview dengan BOD. Akupun memtuskan untuk pulang ke Surabaya.
Setelah bbrp hari bersantai di Surabaya, akhirnya kesempatan unt menjajal BOD
pun tersedia. Aku meluncur kembali ke jakarta, namun kali ini tidak menggunakan
jasa kereta api, melainkan jasa bus. Tiket Rosalia indah exe class uda
terpesan jurusan Surabaya-Bekasi. Lumayan murah, just 185rb saja waktu itu.
Singgah dulu di Palur untuk makan malam,lalu oper bus yang menuju Bekasi.
BOD ternyata
gampang juga, lolos BOD tes selanjutnya adalah MCU alias Medical Ceck Up alias
test kesehatan. Denger2 seh ini sebenarnya just formalitas saja. Aku MCU di
Prodia Galaxi, Sukolilo. Deketnya asrama haji Surabaya situ dah. MCU
lolos dan kemudian dikasih tau jadwal untuk negoisasi gaji, ngetrendnya tanda
tangan kerja J
Dengan gaji
pokok dan tunjangan yang diatas rata rata, langsung dah tanda tanganku tertera
diatas materai berlabel 6rb.
Dengan gaji
dan tunjangan sebesar ini, tentu saja godaan juga semakin besar pula. Semoga
aku tetap bisa hidup seperti dulu, hidup seperti anak ndeso sing gak neko neko.
Terima kasih
untuk PT. Kelola Mina Laut (KML) yang sudah memecatku gara gara alasan sepele, gara
gara alasan kedisplinan yang ga masuk akal. Uda ijin, namun katanya salah
prosedur. Aku tersenyum dalam hati, terima kasih untuk KML yang sudah memberhentikanku tanpa harus membayar pinalty, terima kasih uda dikasih uang saku dan
merasakan aroma ikan selama bekerja dulu. Sukses selalu
buat KML, semoga segera menjadi Integrated Food Industry, ga hanya sea
food industry saja.
Akhirnya
selesai juga proses seleksi masuk PT. United Tractors Pandu
Engineering. Seperti film India, semua berakhir indah.
Pelan pelan
terdengar lirih alunan syair dari Tommy J Pissa..
“ Disini.. dibatas kota ini...
“Inginku
tuliskan surat untukmu… Biar engkau mengerti, perjalanan hidupku didalam menggapai
cita cita...
“Rintangan
yang datang silih berganti, pedih perih mencekam menusuki...
“Aku
mengharap selalu doa suci darimu, duhai kasih tambatan hati...
mas, sedikit bertanya mengenai proses recruitment di UTE (patria)
BalasHapustanggl 9des saya baru melaksanakan MCU di prodia depok, namun sampai skrng blom ada keterangan lbh lanjutnya. apakah memang ada proses lbh lanjut lgi ?
coba di call aja nomor HRD nya mas untuk mengetahui tahapan selanjutnya.. sejauh yg saya tau, setelah MCU itu ttd kontrak kerja.
Hapusassalamualaiku
BalasHapusmaaf mas boleh minta tolong, punya kontak pegawai di pt Kelola Mina Laut ? boleh minta ? saya ingin melakukan penelitian disana, trimakasih
maaf gan, mau tanya untuk psikotestnya seperti apa ya gan, mohon tipsnya gan, hihihih
BalasHapus