Rabu, 04 Januari 2012

Selamat Datang di Jababeka




Tulisan ini seharusnya uda terbit beberapa minggu yang lalu, ketika untuk pertama kalinya aku menginjakkan kedua kakiku di salah satu kawasan industry di Bekasi, Jawa Barat. CIIC Cikarang International Industry City, meliputi kawasan industri yang berada di kawasan kecamatan Cikarang Kabupaten Bekasi. Yang paling terkenal adalah Kawasan industry Jababeka ( 1 dan 2 ) dan Kawasan industry MM2100.
Banyak perusahaan besar yang memilik plan di CIIG ini. Mau tau nggak perusahaan apa saja..? Mari kita lanjutkan. Siapa yang tidak tau ice cream paddle pop, sabun lux dll..? Yuup, bener sekali jawaban kamu J PT. Unilever Tbk berproduksi di Jababeka. Siapa yang nggak tau Vario, Scoopy atau Supra X..? PT. Astra Honda Motor memiliki plan 3 dikawasan MM2100 Cikarang. Pernah ngrasain permen karet lotte? Bener banget, pabrik lotte juga dikawasan yang sama dengan PT.AHM, yaitu di kawasan MM2100. Mau tau lagi..? Tenang, masih banyak lagi kok. Pernah liat tractor, Trailer, vessel, forklift dan alat alat berat lainnya? Kalo iya, kamu kudu tau ini, si pembuat alat alat berat tersebut berproduksi di Jababeka, dibawah bendera PT. United Tractors Pandu Engineering (PATRIA). Ada lagi neh yang kaga kalah keren, PT.YKK, produsen resleting aka slerekan (kalo dalam bahasa jawa) ini juga menghasilkan produknya di dekat pintu tol Cibitung – Cikampek ini
Udah dulu membahas dunia industry di kawasan Cikarang yah. Aku fokuskan saja tulisan kali ini untuk membahas tentang JABABEKA. Sesuai dengan judul yang aku buat untuk tulisan ini, selamat datANg di Jababeka. Jababeka, merupakan kasawan industry bertaraf internasional yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Nama Jababeka semakin "ngetrend" dan terkenal karena banyak perusahaan2 besar yang menjadikan jababeka sebagai home ground untuk proses produksinya. Kenapa mereka memilih Jababeka..? Maaf banget, aku juga kurang tau dengan hal ini, tapi menurut pengamatan yang aku lakukan selama ini, Jababeka dipandang memiliki lokasi yang strategis di kawasan Bekasi, akses yang mudah dan biaya tanah yang nggak begitu mahal ( waktu itu/ awal berdiri ) membuat banyak perusahaan2 raksasa berduyung2 menguasai Jababeka.
Pertama kali berkunjung kesini, aku diantar oleh kakakQ, waktu itu aku ada jadwal interview user di Salah satu perusahaan yang berlokasi disini. Jadi aku masuknya kaga lewat pintu utama, melainkan lewat jalan tikue, lewat jalur kampong yang becek dan terjal karena banyak batu yang nggak melebur secara sempurna. Setelah bertanya kesana kemari, pesis banget kayak alamat palsunya ayu ting ting >>hahah, akhirnya akupun menemukan koordinat perusahaan yang aku tuju untuk interview keesokan harinya.
Rasa takjub dan keingin tauanku yang besar mendorongKu untuk menyusuri jababeka lebih dalam lagi. Malam itu, aku sendirian naik motor hanya untuk mengetahui dan sekedar merasakan udara malam di Jababeka. Hmmm, udara terasa dingin ( maklum sajalah, habis ujan deres..heheh ). Namun, rasa keingintauanku yg Besar harUs kalah oleh rasa capek yang mendera. Perjalanan darat selama lebih dari 12jam dari Surabaya membuatQ mengubur mimpiku untuk sekedar say hello dg jababeka malam itu.
Keesokan harinya, tentu saja setelah proses wawancara selesai, dengan mengendarai honda beat warna kuning milik masKU, aku teruskan mimpi yang sempat tertunda semalam. Meter demi meter uda tak terhitung lagi telah kulalui. Sampai akhirnya aku sampe dijalan buntu.. mateeek aku L
Tanpa ba-bi-bu, aku segera bertanya kepada salahseorang tukang ojek yang lagi mangkal di dekatKu. Dg logat jakarta yang masih asal asalan akupun memulai pembicaraan sore itu. Nama sapaan “bang” agak sedikit kaku buat mulutQ ( biasane lek nak suroboyo yo gawe Cok ato Cak ). Dan ternyata tukang ojek itu asli Lamongan ( owalah cok cok, ngerti o ngunu yo ga atek boso gaul jakartanan taek iki lah aku :D )Dengan sedikit berpikir dan mengingat jalan jalan yang uda aku lalui, akupun berhasil menemukan pintu keluar jababeka. Pintu keluar nomor 7, mengantarkan aku kembali kerumah kakak sepupuKu dikawasan elite Lippo Cikarang.

Akhirnya, Jababeka menyambutku dengan ramah...
Selamat Datang di Jababeka International Industrial City
Selamat datang di Lippo Cikarang

2 komentar: