Jumat, 20 Januari 2012

Demo Buruh yang Mencekam




Hari itu kamis, 19 Januari 2012. Hari hari tampak seperti biasanya, tidak ada yang istimewa. Matahari bersinar hangat menyabut kerlipan mata dari anak manusia yang mulai terjaga. Burung dan angin bersiul, bersenandung dan menyapa siapa saja yang sudah terbangun pagi itu.
Tapi siapa sangka pagi yang cerah itu berubah menjadi petaka disiang harinya. Seakan menghapus ramah hangat sapaan sang mentari, siang itu berubah menjadi siang yang mencekam. Ratusan ribu buruh dikawasan industry Bekasi melakukan aksi demo besar besaran, menuntut APINDO kabupaten Bekasi menarik kembali tuntutan masalah kenaikan gaji yang telah disepakati bersama antara pemerintah daerah Bekasi dan Serikat Pekerja stetempat.
Awalnya demo berjalan aman aman saja. Namun tiba tiba mereka menjadi ‘buas’ dengan memaksa masuk ke pabrik pabrik yang masih beroperasi. Mereka mengajak agar karywan pabrik yang masih bekerja segera mengakhiri pekerjaan dan turut serta bersama mereka turun ke jalanan. Mereka melakukan sweping terhadap semua pabrik yang berada dikawasan industry untuk memastikan bahwa sudah tiada lagi yang masih melakukan pekerjaan.
Tentu saja hal ini membuat panic para karyawan yang masih berada di daLam pabrik, terutama karyawati yang mayoritas bekerja di industri2 elektronik dan garment. Para buruh ini memaksa masuk ke dalam pabrik. Tentu saja hal ini tidak boleh terjadi. Kenapa..? Kebanyakan dari mereka umumnya adalah anarkis, melakukan penjarahan terhadap barang2 pabrik dan juga melakukan pengrusakan terhadapa apa saja yang dilihatnya.
Ada beberapa pabrik yang kebobolan dan kecolongan sehingga puluhan buruh masuk dan mengobrak abrik plan meraka, diantaranya adalah Showa dan Samsung. Dua pabrik besar di Jababeka ini terkena imbas dari aksi demo buruh kali ini. Bahkan, paagar pelindung showa sampai roboh, dirobohkan oleh arus pendemo yang datang secara bergelombang mencari masa tambahan untuk ikut berdemo.
Suanasa baru mereda selepas magrib. Polisi membubarkan paksa aksi puluhan ribu demo yang memblokir pintu utama di tiap tiap kawasan industri. Aksi ini dilakukan guna mengurai kemacetan yang sangat panjang.
Sungguh pengalaman yang mengesankan buatku. Bisa melihat langsung demo buruh terbesar yang pernah ada di Jababeka dan Bekasi. Sekian dulu yah, aku kudu kembali bekerja hari ini

Salam hangat untuk keluarga dirumah
Selalu ada yang baru di welding is beautiful J

0 komentar:

Posting Komentar