Selasa, 19 April 2011

Kelemahan BB Gemini

Berawal dari rusaknya permukaan karet pada tombol Play/Mute di bagian atas Gemini milik saya, saya mulai curiga kenapa kok karetnya bisa mengelupas. Padahal saya termasuk orang yang peduli terhadap barang. Kegiatan bersih-bersih chasing maupun kegiatan bersih-bersih ‘dalemannya’ kerap kali saya lakukan.
Untuk software mungkin tak ada masalah. Tapi di sisi desain terutama pada body samping yang dilapisin karet, Gemini sangat rentan terhadap kerusakan. Meski tombol kamera dan volume di sebelah kanan jarang sayang gunakan, tombol itu ternyata juga menjadi rata (menipis) dan pecah-pecah. Sedangkan pada tombol sebelah kiri (samping slot charger) awalnya rata dengan body, hingga pada akhirnya terkelupas. Teman saya pun ternyata juga mengalami hal yang sama.
Langsung saya sadar bahwa kerusakan body ini bukan karena pemakaian, namun karena bawaan dari BlackBerry. Bagaimana tidak, lapisan karet pada body samping Gemini akan menipis dengan sendirinya jika sering bergesekan dengan tangan atau benda lain. Padahal logikanya, tombol ini pasti akan bergesekan jika ditekan ataupun dipegang biasa.
Dan yang namanya karet pasti akan ‘mati’ jika sudah kering. Jika karet sudah mati, maka karet menjadi pecah-pecah dan mudah terkelupas. Sedikit gesekan dari kuku jari saja akan membuat karet tersebut terlepas dan.. tampaklah isi dari tombol yang lepas tersebut.
Setelah berinisiatif untuk mengganti dengan BB baru, saya mencoba meneliti Onyx, Bold, dan Torch yang merupakan BB incaran saya. Tapi pada Onyx dan Torch, lapisan sampingnya juga menyerupai karet namun sedikit lebih keras daripada kepunyaan Gemini. Dan pada Bold, sampingnya terbuat dari plastik.
Kan karetnya bisa diganti?
Dari info yang saya dapatkan di sebuah forum (Kaskus), memang bisa sih, untuk Gemini harga karetnya berkisar 200-250ribu. Namun kan sayang sekali, bukan karena kesalahan pemakaian, karetnya rusak sendiri.
Saya sendiri sangat menyayangkan pihak RIM yang mungkin tidak memikirkan dampak dari pemakaian tulang karetnya. Entah ini disengaja supaya cepat ganti baru, atau memang ini kelemahan Gemini dari pabriknya.


0 komentar:

Posting Komentar