Kamis, 21 Oktober 2010

Masalah Masalah yang munsul di Plant 3 AHM


Berikut adalah permasalahan permasalahan yang sering ditemui dalam proses pengelasan pada seksi welding 3A maupun seksi welding 3B  :
Under Cut
Salah satu cacat dalam pengelasan yang bisa dilihat secara visual. Cacat jenis ini diakibatkan karena parameter pengelasannya kurang baik, terutama parameter kecepatan pengelasan serta heat input yang diberikan terlalu besar. Selain itu kurang ahlinya welder juga bisa menyebabkan terjadinya cacat jenis ini. Under cut merupakan cacat umum yang sering terjadi pada hampir semua proses dan material pengelasan.
Porousity
Welding defect yang cukup sering ditemui. Ada yang Nampak secara visual namun ada juga yang harus dilakukan uji radiographi untuk bisa melihatnya. Jenis porosity yang terlihat secara visual termasuk dalam surface porosity. Yaitu porosity yang terjadi pada permukaan weld metal saja. Tampak seperti lubang lubang kecil dan ketika dimasukkan kedalam air akan keluar gelembung udara dari lubang tersebut
Spatter
Merupakan percikan electrode yang menyebar di sekitar base metal dan weld metal. Spatter biasa terjadi dalam proses pengelasan SMAW,GTAW,MIG-MAG dan FCAW. Spatter tidak mempengaruhi hasil kekuatan lasan, akan tetapi hanya mengurangi unsur kerapihan saja.
Unlinear welding
Sebenarnya unlinier welding tidak tergolong dalam cacat proses pengelasan. Hal ini terjadi murni karena kurang terampilnya welder ataupun mesin las yang kuran prima. Biasanya alur las tidak sesuai kampuh dan melenceng dari kampuh las

0 komentar:

Posting Komentar