Rabu, 06 Oktober 2010

On The Job Training

Huuffttt, capek dan lelah bercampur membaur menjadi satu disini. Mulai pagi jam 7 hingga jam 4 aku terpanggang disini, dikelilingi robot robot yang mnyemburkan api dan bisa mengeluarkan lidah lidah elektroda.. Yuup, inilah suasana di Welding Dept Plant 3 Pt.Astra Honda mOtor Cikarang bekasi. Deruan api melelehkan karbon stell bercampur dengan saling beradunya besi besi menambah sangar suasana disini.
Jika saja mau mengaduh dan menjerit, aku yakin robot robot iitu akan menjerit keras. Betapa tidak, sehari ( 24 jam ) mereka terus bekerja. Sebenarnya nggak utuh 24jam sii, tapi biasanya para pekerja tuh sering ngebiarind mereka menyala walaupun sang operator sedang beristirahat.
Disela sela ganti shift pun juga begitu. Bekerja disini mengenal pembagian waktu kerja alias shift, shift satu dimulai dari jam 7 pagi mpe jam 4 sore. Setelah itu dihiTung shift 2, yaitu dari jam 4 sore mpe jam 12 malam. Hitung ajja sendiri berapa jam pabrik ini berhenti beroperasi.. Yuup, dari rentang 12 malam mpe 7 pagi, 6jam saja.
Dan perhari dihasilkan sekitar 8000 unit sepeda motor baru merek Honda. Yang shift siang targetnya adalah 5500 unit, sementara sisanya digenapi oleh shift malam. PeNgen banget sebener e latihan ngoperasi'in para robot robot itu, tapi tentu sajja nggak diijinin ma section headnya. Ya iyalah, orang tiap hari itu udda ada target yang jelas ttg produk yg akan dihasilkan. Gini aja, cobain berhayal, jika aku menjadi operator tuh mesin las robot, dalam sehari mungkin baru bisa menghasilkan separohnya saja dan itupun yang reject sekitaran 20persen.. hhe.. Jadi nggak makan donk para pekerja yang asli ^))^. OLeh karena itu, aku just melihat ajja ketrampilan dan kecepatan yang mereka pamerkan dihadapanku.. sambil sesekali bertanya jika ada haL yang tiada aku mengerti...

0 komentar:

Posting Komentar