Selasa, 10 Agustus 2010

Manajemen Waktu Berkendara Selama Puasa

Bulan Ramadhan telah datang. Menjadi kewajiban bagi kaum muslim untuk melakukan puasa selama sebulan penuh. Meski berpuasa, bukan berarti aktivitas harian terganggu atau menjadi malas malasan dlm melakukan suatu hal. Palinhg yang sedikit berbeda adalah bangun lebih awal guna makan sahur bareng keluarga ataupun sahabat. Setelah itu berkemas kemas untuk menuju tempat kerja dan kampus atau sekolahan.
Memang ada hal yg harus diperhatikan, yakni manajemen atau pengaturan waktu. Bagi bikers yg pintar mengatur waktu istirahatnya, bangun dan melakukan aktivitas lebih awal dipagi hari di bulan ramadhan bukan suatu masalah. Namun untuk yg istirahatnya kurang tentu saja akan menjadi masalah. Ketika kondisi tidak fit, ini sangat berbahaya untuk bepergian menggunakan motor.
Sebaiknya lakukan istirahat, dalam hal ini tidur lebih awal untuk mengantisipasi menurunnya kondisi badan. Ini dilakukan agar tubuh memiliki waktu yg cukup untuk pemulihan kondisi. Atur makan dan jgn terlalu bernafsu ketika datang waktu berbuka puasa. Selain itu, misalkan sobat bikers masih berada di jalan ataupun masih di kantor dan waktu berbuka suda datang, jgn memaksakan diri untuk segera sampai rumah. ini akan sangat berbahaya, mengingat kondisi tubuh saat menjelang buka puasa sangat rawan. kadar dehidrasi yang tinggi bisa membuat konsentrasi menjadi munurun, akibatnya reflek ketika berkendar juga akan terpengaruh.
Puasa lancar perjalanan selamat sampai tujuan ^___^

0 komentar:

Posting Komentar