Sabtu, 04 Februari 2012

Pretest NEOP PT.United Tractors



Victor Rizal Filosofi
Welding Inspector
Production Eng. & Quality Control
PT. United Tractors Pandu Engineering

                                                
Menurut Anda, nilai positif/keunggulan apa yang membuat United Tractors masih terus berkembang hingga saat ini ? Jelaskan!
v  United Tractors merupakan perusahaan yang bergerak dibidang heavy equipment, mining dan energy telah mengubah strategi bisnisnya untuk menjadi perusahaan bertaraf internasional. Perubahan strategi bisnis dari pelanggan sebagai pengendali perusahaan (customer driven company) menjadi solusi sebagai pengendali perusahan (solution driven company), inilah yang membuat United Tractors masih terus berkembang hingga saat ini. Untuk mewujudkan itu semua, Soft skills, pengembangan diri dan motivasi merupakan tiga hal utama yang perlu diperkuat pada karyawan, karena ketiga hal tersebut tidak didapatkan seutuhnya di bangku pendidikan. Di sisi lain, kemampuan menularkan nilai-nilai positif perusahaan tersebut, juga tidak seutuhnya didapatkan seorang pemimpin perusahaan di bangku pendidikan formalnya. Perubahan visi bisnis itu kemudian di terjemahkan dalam program budaya perusahaan, yang diluncurkan pada 2009 dan diwujudkan melalui nilai nilai yang disebut S.O.L.U.T.I.O.N yakni Serve, Organized, Leading, Uniqueness, Totality, Innovative, Open-minded, Networking. Nilai-nilai ini harus terus menerus ditanamkan kepada seluruh karyawan UT. Selain itu, treatment berkesinambungan juga terus dilakukan dengan tujan agar motivasi dan semangat karyawan tetap terjaga sampai nilai-nilai tersebut benar-benar terinternalisasi.
Hal lain yang membuat UT masih terus berkembang hingga saat ini adalah penerapan manajemen pengetahuan yang berjalan dengan sangat baik. Pengetahuan merupakan modal yang mempunyai pengaruh besar dalam menentukan kemajuan UT. Pengetahuan akan mengalami keusangan, oleh sebab itu perlu terus-menerus diperbaharui melalui proses belajar. Oleh karena itu, pengetahuan yang melekat pada setiap karyawan juga perlu diuji, dimutakhirkan, ditransfer, dan diakumulasikan, agar tetap memiliki nilai. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan manajemen pengetahuan. Salah satu contoh penerapannya adalah perubahan training center menjadi learning center dan transformasi tenaga penjualan menjadi business consultant, jadi tenaga penjualan yang tadinya hanya berjualan saja, bertransformasi menjadi tenaga konsultan, yang menyalurkan pengetahuannya kepada pelanggan.




Dari S.O.L.U.T.I.O.N yang kita miliki, Nilai Budaya manakah yang paling sesuai dengan Anda ? Bagaimana penerapan S.O.L.U.T.I.O.N tersebut dalam kehidupan sehari-hari?
v  Dari S.O.L.U.T.I.O.N yang kita miliki, nilai Totality merupakan nilai yang paling sesuai dengan kepribadian sehari-hari hari saya. Totalitas dalam segala hal akan mendorong kita untuk melakukan sesuatu dengan maksimal. Loyalitas tanpa batas terhadap perusahaan akan semakin membuat kita merasa ‘sayang’ dan implementasi hasilnya adalah kinerja yang terus meningkat dari hari ke hari.
ü  Serve, Penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu melayani masalah dengan sabar untuk mendapatkan solusi yang terbaik dan saling menguntungkan.
ü  Organized, Penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu disiplin dalam bekerja, membuat perencanaan-perencanaan ke depan, dan berkoordinasi dengan organisasi/divisi terkait dalam pencapaian tujuan bersama.
ü  Leading, Penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu berusaha sebaik-baiknya untuk menjadi yang terbaik dalam berbagai hal. Kemampuan untuk membaca dan menganalisa pergerakan kompetitor, kemudian menentukan formula untuk terus bertahan diatas dan semakin meninggalkan para kompetitor.
ü  Uniqueness, Penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu memberikan sesuatu yang berbeda dalam berbagai kesempatan baik dalam pekerjaan, pergaulan, dan menghadapi masalah. Perbedaan dalam hal ini harus bersifat lebih baik daripada yang lainya, sehingga brand kita akan semakin terkenal dan mendominasi pasar.  
ü  Totality, Penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu keprofesionalan kita dalam pekerjaan. Professional dalam hal ini disesuaikan dengan pikiran dan hati yang senang dalam melakukannya dan bukan karena keterpaksaan. Loyalitas tanpa batas, dengan begitu kita akan melakukan pekerjaan dengan optimal.
ü  Innovative, Penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu selalu memikirkan ide/gagasan baru yang kreatif dan bersifat membuat menjadi lebih baik pada sistem yang sudah berjalan dan masalah yang terjadi sehingga selalu tercipta sesuatu yang lebih baik dari yang lalu.
ü  Open-minded, Penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu berpikir terbuka serta mau menerima saran dari orang lain demi kemajuan bersama. Couching dan conselling dengan sesama karyawan untuk saling melengkapi gagasan dan ide yang ada
ü  Networking, Penerapan dalam kehidupan sehari-hari yaitu menjalin relasi dengan berbagai rekan kerja, lintas divisi, lintas perusahaan, dan yang lain, sehingga dapat memperoleh wawasan yang luas untuk mempermudah kerja dan tujuan yang ingin dicapai.

1 komentar:

  1. Buat siapa saja ( terlebih anak baru UT Group ) yang menjiplak tulisan saya, akan dikenakan hukuman berupa 5th nraktir saya..hahahaha

    BalasHapus