Senin, 21 Juni 2010

IM2 vs Pulsa GPRS



Artikel yang akan membahas pengalaman saya selama memakai produk data Indosat.
Sudah sejak Januari saya menjadi pelanggan produk mobile broadband Indosat melalui salah satu produknya, IM2. Saya memilih provider ini, karena saran dari beberapa teman dan juga sedikit info dari internet.
Ada 2 pilihan dalam IM2 Broom yang saya gunakan. Setiap paket/pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Untuk yang Classic, sebagai pengguna saya dijanjikan spedd mencapai 3.6Mbps. Kecepatan edan yang tentu saja mustahil tercapai di Indonesia. Benar saja, kecepatan sebesar itu hanya menjadi pemanis marketing penjualan untuk Indosat (Sekitaran 200-350Kbps). Digunakan diluar kota, mbulet. Lemod. Tapi masih bisa saya maklum i karena sinyal yang saya dapat adalah GPRS-EDGE. Perbedaan speed jenis sinyal ini sangat kentara sekali. Fitur lai yang bisa kita dapatkan adalah multi user account yang bisa digunakan untuk log ini di jaringan wifi indosat, serta jaringan CDMA Indosat. Fitur Classic ini tergolong mahal. Dg biaya 0.5 per Kb, tentu saja sangat memberatkan pelanggan. Sebagai gambaran situs jejaring social FB, rata-rata memerlukan 100-200kb per page. Silahkan anda piker sendiri, saya lagi males mikir soalna..hihihih
Pilihan kedua adalah Broom Unlimited. Dengan biaya bulanan 200rb, kita diberi kuota akses hingga 3Gb dengan kecepatan 256kbs dan akan turun menjadi 64Kbs setelah kuota tercapai. Menurut saya ini adalah pilihan yang paling logis saat ini. Untuk masalah speed nggak terlalu beda jauh dengan yang Classic, hanya saja fitur unlimited nggak bisa untuk multiple user account. Sebagai catatan, setelah 3Gb terpenuhi speed.nya ancur ancuran bos.. trrrr..trrr.trrr. Ini yang menjadi masalah, pihak Indosat seakan nggak mau merugi dengan adanya fitur unlimited ini. Sudah sempat saya tanyakan ke CS, tapi jawabannya seolah olah saya dianggap masih sprit anak kemarin sore. Umum dan nggak menunjukkan keseriusan dalam menjawab.
Selanjutnya, saya akan memcoba menguraikan ttg indosat gprs. Voucher akses data khusus untuk kartu IM3 ini mampu memberikan solusi internetan murah dan logis. Dengan harga 5rb, kita akan mendapatkan kuota time-bassed selama 4 jam 10 menit. Jika dikonversi ke kuota volume-bassed, ini setara dengan 95-125Mb. Silahkan bandingkan. Jika 125Mb itu kita konversi ke IM2 Classic, kita harus membayar minimal 60rb. Speed rata ratanya berkisar antara 10-30Kbps. Namun jangan salahkan hape anda jika kemudian harus diperbaiki dengan lem biru alias lempar ganti baru..wkwkwkwk
And, d’conclusion is… Semua terserah anda. Saran dari saya, jika anda memiliki bujet bulanan yang sanggup untuk membayar tagihan IM2 Unlimited. Pilih yang ini. Jika kamu mahasiswa yang pas-pasan, pilih ajja voucher gprs Indosat, so kamu bisa nyesuaiin dengan keperluan dan bujet kamu. Untuk yang Classic, ini cocok untuk sekedar chat dan bukan untuk browsing lama dan bahkan download. Jaatuhkan pilihan sesuai kemampuan dan kebutuhan

0 komentar:

Posting Komentar