Kamis, 20 Mei 2010

Proposal KP

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Industri di Indonesia dewasa ini mengalami perkembangan yang cukup pesat seiring dengan kebutuhan akan tenaga kerja yang siap pakai, terampil dalam mengoperasikan alat-alat industri, mempunyai keahlian yang sesuai dengan spesifikasinya, serta memiliki kemampuan adaptasi yang cukup tinggi terhadap penggunaan teknologi yang sering digunakan di bidang industri dimana penggunaan yang dimaksud didalamnya meliputi proses dan maintenance.
Sehubungan dengan hal itu perguruan tinggi sebagai tempat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian mandiri, dan memiliki kemampuan intelektual yang baik merasa terpanggil untuk semakin meningkatkan mutu mahasiswa lulusannya.
Sejalan dengan pemikiran tersebut Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai sebuah institusi perguruan tinggi di Indonesia berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan iptek guna menunjang pembangunan industri, serta sebagai research university untuk membantu pengembangan seluruh kawasan Indonesia. Output dari PPNS-ITS diharapkan siap untuk dikembangkan ke dalam bidang yang sesuai dengan spesifikasinya.
Guna menunjang terwujudnya komitmen dari perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas unggul dan sesuai dengan standar kompetensi dunia kerja maka wawasan mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan, mengingat kondisi Indonesia yang merupakan negara berkembang, dimana teknologi masuk dan diaplikasikan oleh industri terlebih dahulu.
Oleh karena itu kerja sama dengan bidang industri perlu lebih ditingkatkan agar terdapat keseimbangan dalam penyampaian ilmu kepada mahasiswa, yaitu antara teori yang disampaikan melalui pemberian materi, yang dilakukan secara rutin di kelas sebagai salah satu metode kegiatan perkuliahan, dengan praktek yang merupakan di perusahaan sebagai upaya untuk mengaplikasikan teori yang telah di dapat secara langsung di dunia kerja. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan studi ekskursi, magang, joint research, praktek kerja lapangan, On The Job Training dan lain sebagainya.
PPNS - ITS menetapkan On The Job Training (OJT) sebagai salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Jurusan D-4 Teknik Pengelasan (TL) Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)-Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Melalui kegiatan On The Job Trainning (OJT) di berbagai bidang industri yang sesuai dengan spesifikasi yang diambil oleh masing-masing mahasiswa diharapkan bahwa mahasiswa sebagai calon output dari perguruan tinggi dapat lebih mengenal suasana kerja sebenarnya dalam industri sehingga hal tersebut akan membantu mahasiswa dalam mengatasi kecanggungan ketika nantinya terjun langsung sebagai pekerja di sebuah perusahaan.
Selain itu, kegiatan ini secara khusus bagi mahasiswa D4 Teknik Pengelasan diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengelasan di dunia industri. Pemahaman tentang permasalahan pengelasan di dunia industri diharapkan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis yang didapat dari materi perkuliahan, sehingga mahasiswa dapat menjadi salah satu sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan era globalisasi.
Dengan syarat kelulusan yang ditetapkan, mata kuliah On The Job Training (OJT) telah menjadi salah satu pendorong utama bagi tiap-tiap mahasiswa D4 Teknik Pengelasan PPNS-ITS untuk mengenal lebih jauh dunia pengelasan di lapangan kerja dan untuk melihat keselarasan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah dengan aplikasi praktis di dunia kerja/industry.
Pemerintah mendukung terwujudnya kerjasama antara industri dan perguruan tinggi melalui kebijakan link and match yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan. Hal tersebut dilakukan untuk menjembatani kesenjangan antara perguruan tinggi sebagai salah satu wadah untuk menghasilkan tenaga kerja dengan industri sebagai pihak pemakai tenaga kerja dalam rangka memberikan sumbangan yang lebih besar dan sesuai, untuk menjadi Partner in Progress bagi pembangunan Bangsa dan Negara.


1.2. Dasar Pemikiran
Dasar pemikiran yang melandasi diadakannya On The Job Training adalah sebagai berikut :
A. Tujuan Pendidikan Nasional, yaitu untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif,terampil, berdisiplin, profesional, bertanggung jawab dan produktif serta sehat jasmani dan rohani.
B. Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
C. Tujuan pendidikan PPNS-ITS, yaitu : kepemimpinan, keahlian, berpikir ilmiah dan sikap hidup bermasyarakat.
D. Program PPNS-ITS, yang salah satunya yaitu meningkatkan kerja sama dengan industri dan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan relevansi terhadap mutu pendidikan dan penelitian.
E. Syarat kelulusan mata kuliah On The Job Trainning (OJT) di Jurusan D-4 Teknik Pengelasan PPNS-ITS
F. Diperlukan keselarasan antara sistem pendidikan tinggi dan dunia kerja.
G. Diperlukan sarana untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku kuliah pada dunia kerja.

1.3. Identifikasi Masalah Materi Umum
Materi umum On The Job Training ini lebih difokuskan pada kegiatan langsung mahasiswa dalam pekerjaan industri yang berhubungan dengan bidang teknologi pengelasan, di mana bidang ini meliputi penyambungan antar logam dan metalurgi bahan serta inspeksi yang berhubungan erat dengan proses-proses industri yang terjadi di lingkungan PT. Astra Honda Motor. Untuk materi umum di atas didasarkan pada mata kuliah yang telah diperoleh selama perkuliahan di jurusan Teknik Pengelasan PPNS-ITS
Materi Khusus
Adapun materi khusus On The Job Training ini adalah proses yang berkaitan dengan penyambungan logam dan material yang ada di lingkungan PT. Astra Honda Motor. meliputi implementasi pengelasan, perlakuan material serta inspeksi terhadap hasil las-lasan yang mendukung proses industry.

1.4. Pembatasan Masalah
Agar On The Job Training (OJT) di perusahaan lebih terarah maka kami menitik beratkan pada upaya pemberian alternatif pemecahan masalah yang dihadapi perusahaan yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang telah dipelajari di jurusan Teknik Pengelasan.







BAB II
TUJUAN DAN MANFAAT

2.1. Tujuan
1. Untuk memenuhi beban Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh sebagai persyaratan akademis di Jurusan D-4 Teknik Pengelasan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya- ITS
2. Menumbuhkan dan menciptakan pola berpikir konstruktif yang lebih berwawasan bagi mahasiswa.
3. Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami implementasi pengelasan di dunia industri sekaligus mampu mengadakan pendekatan masalah secara utuh serta menganalisa kekurangan dan kelebihannya.
4. Membuka wawasan mahasiswa agar dapat mengetahui, memahami dan mengembangkan pelaksanaan aplikasi teoritis ilmunya kedalam praktek secara nyata di dunia industri sehingga mahasiswa mampu menyerap dan berasosiasi dengan dunia kerja secara utuh.
5. Mengenal lebih jauh tentang pemanfaatan serta pengoperasian teknologi yang sesuai dengan bidang yang dipelajari di Jurusan D-4 Teknik Pengelasan PPNS-ITS.
6. Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan individunya dengan terjun langsung mempraktekkan pelaksanaan tugas sebagai seorang welding inspector maupun welding engineer yang diharapkan akan diemban nantinya
7. Terciptanya suatu hubungan yang sinergis, jelas dan terarah antara dunia perguruan tinggi dengan dunia kerja sebagai pengguna outputnya.
8. Meningkatkan kepedulian dan partisipasi dunia usaha dalam memberikan kontribusinya pada sistem pendidikan nasional.
9. Membuka kesempatan bagi dunia kerja dalam hal ini industri sebagai user dari output perguruaan tinggi untuk dapat melihat secara langsung kemampuan sesungguhnya dari mahasiswa sebagai calon karyawan dimana hal tersebut diharapkan merupakan bagian dari proses seleksi sehingga dapat terjadi penyerapan tenaga kerja.

2.2. Manfaat
1. Bagi perusahaan
A. Perusahaan dapat melakukan sharing dengan mahasiswa mengenai perkembangan teori terbaru berkaitan dengan bidang yang diambil mahasiswa dalam hal ini adalah pengelasan.
B. Perusahaan dapat memanfaatkan tenaga mahasiswa untuk melaksananakan tugas-tugas operasional sebagai welding inspector maupun welding engineer.
2. Bagi PPNS-ITS
Melalui kerjasama yang dibangun dengan dunia industri akan dapat menjadi ajang promosi mengenai keberadaan PPNS-ITS sebagai penyelenggara pendidikan. Selain itu juga berguna untuk bahan masukan dan evaluasi program pendidikan yang telah diselenggarakan oleh PPNS-ITS.
3. Bagi mahasiswa
A. Membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat melihat aplikasi teori yang telah didapat kedalam dunia kerja.
B. Merupakan media bagi mahasiswa untuk dapat melakukan praktek kerja secara langsung didunia industri sehingga dapat mengatasi kecanggungannya dalam berinteraksi dengan dunia kerja setelah lulus.
C. Merupakan sarana bagi mahasiswa untuk dapat mengenal keanekaragaman, pemanfaatan, sekaligus tehnik operasional teknologi yang digunakan dalam sistem produksi di industri guna menunjang pelaksanaan tugasnya sebagai welding inspector maupun welding engineer.
D. Merupakan tempat mengembangkan ilmu bagi mahasiswa untuk melakukan analisa masalah-masalah yang berkaitan dengan implementasi pengelasan di perusahaan sebagai langkah awal penyelesaian tugas akhir.





BAB III
PELAKSANAAN

3.1. Lokasi dan Waktu Pelaksanaan
Lokasi : PT. Pertamina (Persero)
Alamat : Jl. Sinabung II Terusan Simprug Kebayoran Jakarta Selatan 12220
Waktu : Oktober - Desember 2010

3.2. Bentuk Kegiatan
Perincian bentuk kegiatan yang akan dilakukan selama On The Job Training (OJT) adalah sebagai berikut:
• Pengenalan perusahaan dan lapangan
• Studi literatur
• Observasi perusahaan
• Pengumpulan data
• Penulisan laporan














Berikut ini adalah rencana kegiatan yang kami usulkan (Adapun dalam pelaksanaannya nanti bentuk kegiatan ini dapat berubah guna menyesuaikan situasi dan kondisi )
Tabel Rencana Kegiatan
No Minggu Ke

Kegiatan 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

1 Pengenalan perusahaan dan lapangan
2 Pengarahan rencana kegiatan

3 Pelaksanaan kegiatan praktek


4 Konsultasi kepada pembimbing


5
Penyusunan laporan OJT



3.3. Bidang Kompetensi
Berikut adalah mata kuliah TEORI yang diterima selama menempuh pendidikan di Jurusan D4 Teknik Pengelasan yang berkaitan dengan bidang pengelasan:
1. Matematika Terapan
2. Fisika Terapan
3. Kimia
4. Proses Manufaktur
5. Ilmu Bahan
6. Gambar Teknik
7. Teori Teknologi Pengelasan
8. Mekanika Bahan
9. Perpindahan Panas
10. Teori Non Destructive Test (NDT)
11. Konstruksi Baja
12. Pengantar Bangunan Laut
13. Pengantar Teknologi Perkapalan
14. Konstruksi Kapal
15. Elemen Mesin
16. Metalurgi Las
17. Perlakuan Panas (Heat-treatment)
18. DFKI KU-BT
19. Sambungan Non Logam
20. Pesawat Angkat
21. Teknologi Aplikasi Las
22. Kelelahan dan Kepecahan
23. Inspeksi Las
24. Teknologi Bangunan Baru
25. Korosi dan Pengendaliannya
26. DFKI Tangki dan Pipa
27. Studi Kasus Pengelasan
Berikut adalah mata kuliah PRAKTIKUM yang diterima selama menempuh pendidikan di Jurusan D4 Teknik Pengelasan yang berkaitan dengan bidang pengelasan:
1. Praktikum Fisika
2. Praktik Fabrikasi Dasar
3. Praktik Pelat dan Pipa
4. Praktik Las
5. Praktik Destructive Test (DT) dan Non Destructive Test (NDT)
6. Praktikum FEM (Patran_Nastran dan Ansys)
7. Praktik Fabrikasi Lanjut
8. Praktik Kualifikasi Las


3.4. Peserta OJT
Peserta dalam On The Job Training (OJT) ini adalah mahasiswa Jurusan Teknik Pengelasan, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang berjumlah satu orang, yaitu :

1. Nama : Victor Rizal Filosofi
NRP : 6707 040 003
Jurusan : Teknik Pengelasan


BAB IV
PENUTUP

Kami mengharapkan bahwa pelaksanaan On The Job Training kali ini akan dapat memberikan manfaat, baik bagi diri kami pribadi, almamater (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), pihak perusahaan, maupun bagi lingkungan yang lebih besar.
Dengan adanya kegiatan On The Job Training ini diharapkan kerjasama antara dunia perguruan tinggi dengan industri akan terus terjalin, sehingga proses transfer teknologi dari industri ke perguruan tinggi dan sebaliknya akan berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat demi tercapainya masyarakat berteknologi.
Demikian proposal On The Job Training ini dibuat dengan harapan Bapak/ Ibu selaku pimpinan di perusahaan dapat memberikan izin sehingga kami dapat melaksanakan On The Job Training di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Besar harapan kami atas kesediaan Bapak/ Ibu. Atas perhatian dan bantuan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.





Lampiran

CURRICULUM VITAE



Nama Lengkap : Victor Rizal Filosofi
Nama Panggilan : Victor
Nrp : 6707 040 003
Jurusan : Teknik Pengelasan
Agama : Islam
Alamat Asal : Jl. SMPN 3 Bandung 21, Bandung, Tulungagung, Jawa Timur 66274
Alamat Sekarang : Jl. Arif Rahman Hakim gg.makam blok E.22, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur
Nomor Telepon : 0856 556 48487
E-mail : victor.filosofi@gmail.com
Website : www.vicriz.co.cc
Jenis Kelamin : Laki-laki
Status : Belum Menikah
Tempat Tanggal Lahir : Trenggalek, 03 Pebruari 1989
Nama Orang tua/Wali : Agus Supeno
Alamat Orang Tua/Wali : Jl. SMPN 3 Bandung 21, Bandung, Tulungagung, Jawa Timur 66274
Telepon Orang Tua/Wali : 081 335 755 594

Pendidikan
• SD : SD Negeri 1 Pogalan, Trenggalek
• SMP : SLTP Negeri 1 Durenan, Trenggalek
• SMA : SMA Negeri 1 Durenan, Trenggalek
• Perguruan tinggi : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Fakultas : Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Jurusan : Teknik Pengelasan
Angkatan : 2007

Workshop, Kursus dan Pelatihan
• Kursus dasar Ansys di PPNS-ITS 2009
• Supporting Committee on “The 3rd Training Course on Welding Engineer and Associate Welding Engineer JWES (Japan Welding Engineering Society) Certification Welding Coordination Personnel According to ISO 14371 / JIS Z 3410 /WES 8103” tahun 2009
• Seminar ”Disaster of Management System for Oil and Gas Company and Industry” tahun 2009
• Kursus Debat Bahasa Inggris di PPNS-ITS 2009
• Seminar sehari “Quantitative Risk Assesment : How to do This Analysis at Oil and Gas Company” PPNS – ITS 2007
• Pelatihan Kedisplinan Mahasiswa di Rindam V/Brawijaya Malang 2007
• ESQ Leadership Training Rindam V/Brawijaya Malang 2007
• Seminar Robotic Welding (Kerja sama antara API-JWES) di PPNS-ITS 2010

Pengalaman Organisasi
• OSIS SMPN 1 Durenan Trenggalek (2002-2003)
• Anggota PASSUS SMAN 1 Trenggalek (2004-2005)
• OSIS SMAN 1 Durenan Trenggalek (2005-2006)
• Panitia Festival Teater Se-Kab.Trenggalek (2006)
• Anggota Forum Komunikasi Pemuda Pelajar Trenggalek (2005-2007)
• Anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polres Trenggalek (2006-2007)
• Dewan Pembina GUDEP 104/05 SMAN 1 Durenan Trenggalek (2007-2008)
• Anggota Ikatan Alumni SMAN 1 Durenan Trenggalek (2007-Sekarang)
• Anggota Forum Komunikasi Mahasiswa Trenggalek-ITS (2007-Sekarang)
• Pengurus Forum Komunikasi Pemuda Pelajar Trenggalek (2006-Sekarang)
• Anggota Trenggalek Youth Community-TeYCo Surabaya (2007)
• Anggota Yayasan Suporter Surabaya-YSS (2010-Sekarang)


Kemampuan Mendukung
Microsoft Office Application (Word, Excel, Power Point, Acess)
English Active and Pasive

0 komentar:

Posting Komentar