Kamis, 08 Juli 2010

Beradaptasi Dengan Tempat Kerja BAru

1. Hargai Budaya Perusahaan
Jika perusahaan Anda, sesuai dengan karakter industrinya, misalnya mengharuskan karyawan untuk mengenakan busana formal ke kantor, tidak ada alasan bagi Anda untuk “nekad” memakai pakaian casual sesuka hati. Coba deh untuk memperhatikan bagaimana orang-orang berperilaku dan berinteraksi satu sama lain. Pelajari juga aturan-aturan yang tidak tertulis, namun dilakukan oleh semua orang di sekeliling Anda.

2. Open Mind, Membuka diri, Berbaur- lah!
Banyak hal berkaitan dengan proses internal bisnis yang mungkin asing bagi Anda. Selama bulan-bulan pertama bekerja, coba untuk membuka diri, bicara dengan teman satu tim untuk memahami berbagai proses dan prosedur yang ada. Anda punya kesempatan kok untuk memberi masukan, tapi terlebih dahulu dapatkan dulu kepercayaan dan respek dari tim.

3. Ketahui dengan Baik Tugas-tugas dan Kewajiban Anda
Temui manajer atau atasan langsung, diskusikan mengenai cakupan pekerjaan anda. Ajukan pertanyaan, misalnya, apa prioritas dan isu terbaru yang perlu saya ketahui? Seberapa sering dan dalam bentuk apa saya harus meng-update laporan mengenai proyek? Bagaimana kinerja saya akan dievaluasi? Pemahaman yang jelas mengenai hal-hal tersebut akan membantu bekerja secara lebih efektif.

4. Tahu kapan perlu bantuan
Faktor lain yang menentukan sukses anda sebagai karyawan baru adalah kesediaan untuk berterus-terang ketika anda memerlukan bantuan. Jika anda cenderung mengerjakan semuanya sendiri, tanpa pernah bertanya walaupun sedang menemui masalah, maka anda akan mudah melakukan kesalahan.

5. Pelajari gaya-gaya berkomunikasi
Luangkan waktu untuk bersosialisasi dan siap untuk hal-hal yang mendesak. Ada atasan yang lebih suka di-email, ada juga yang lebih mengutamakan komunikasi lewat telepon. Pelajari perbedaan-perbedaan seperti itu. Sebagai karyawan baru, anda akan sibuk dan pastinya punya kecenderungan untuk menunjukkan bahwa anda pekerja keras dan rajin. Namun, jangan sampai hal itu membuat anda lupa untuk bergaul dengan teman-teman sekantor. Dan, jadilah juga karyawan yang siap untuk mendatangi panggilan-panggilan mendadak dari atasan.

6. Mintalah penilaian
Evaluasi resmi mungkin akan dilakukan tiga atau bahkan enam bulan kemudian. Tapi, anda bisa meminta supervisor atau manajer untuk memberikan penilaian pada bulan pertama, secara informal. Diskusikan apa yang kurang dari kinerja anda. Jangan khawatir jika Anda mereka belum begitu mantap dengan posisi Anda. Memang, perlu waktu untuk merasa percaya diri dan “secure” terhadap pekerjaan anda. Selama anda senatiasa berusaha untuk mengambil langkah-langkah proatif untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja, dan memberikan kontribusi yang positif, maka Anda telah berada di jalan yang benar untuk menjadi anggota tim yang bernilai.

0 komentar:

Posting Komentar