Kamis, 22 Juli 2010

Mobile Pdf Reader

Sekilas Tentang PDF
PDF (Portable Document Format) adalah sebuah file yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Format ini digunakan untuk merepresentasikan dokumen yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. PDF saat ini merupakan standar terbuka bagi dokumen siap cetak dan tengah diusahakan menjadi standar ISO. Penggunaan dokumen PDF meningkat pesat setelah Adobe mulai mendistribusikan perangkat lunak Adobe Reader for PC secara gratis. Mereka juga membebaskan siapapun untuk menciptakan aplikasi pembuat maupun pembaca dokumen PDF, tanpa perlu membayar royalti kepada Adobe System selaku pemegang hak paten PDF.

Aplikasi MobilePdf
Pemrograman berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) berkembang pesat seiring banyaknya pemakai ponsel dengan sistem java di dalamnya. Jika Adobe Reader merupakan aplikasi pembaca dokumen PDF di komputer, maka aplikasi MobilePdf adalah salah satu pembaca dokumen PDF di ponsel. Anda dapat mendownload aplikasi ini disini Karena filenya terkompres (format zip), maka harus diekstrak terlebih dahulu di komputer untuk mendapatkan file javanya (format jar). Selanjutnya file tersebut anda salin/instal ke ponsel. Selamat mencoba semoga berhasil dan bermanfaat.

Catatan: Aplikasi ini telah saya coba untuk membuka file PDF (50kb) di ponsel SE-K750i dan berjalan lancar tanpa kendala. Aplikasi akan bekerja lambat atau bahkan macet apabila file PDF yang anda buka terlalu besar.

Nama aplikasi : MobilePdf
Platform : J2ME
Vendor : Zesium

0 komentar:

Posting Komentar