Kamis, 22 Juli 2010

Kenangan Indonesia di World-Cup

Ternyata negeri Indonesia masuk dalam peringkat negara-negara yang pernah mengikuti gelaran World Cup. Setelah ngeliat data peringkat dan statistik di fifa.com eh ada nama negara ‘Indonesia’ diurutan 68 hehehe… Tapi masih lumayan ato bisa dibilang sangat buaguss ketimbang negara-negara lain yang “selevel” ma Indonesia, seperti negara Asean lain yang gak ada sama sekali di daftar. Jadi kalau pengamat bola iseng liat-liat negara mana sih yang peringkatnya di bawah…eh ada Indonesia yah promosi kecil-kecilan lah gitu.
Faktanya Indonesia nongol di gelaran World Cup tahun 1938 di prancis, saat masih dijajah, ditindas, diperas, dizolimi, dihajar, disiksa, dibantai, diperkosa, diperbudak, dan seterusnya ma si belanda yang kini banyak fansnya dari Indonesia sendiri dan barusan dikibarin tuh bendera belanda ma fanatik belanda yang ga melek sejarah, kalau dulu susah banget nurunin bendera “merah putih biru” yang taruhanya nyawa tapi sekarang eh dengan senang hati ngibarin bendera londo…huh kok jadi ngobrolin sejarah ki pye…
Kembali ke World Cup 1938 prancis saat itu diikuti 15 tim peserta, Indonesia adalah satu-satunya wakil dari asia. Sayangnya Indonesia hanya dikasih kesempatan main cuma sekali saja, ya jelas lah itu kan Cuma pertandingan penyisihan antara Indonesia yang dulu masih bernama Dutch East Indies melawan hongaria dan hasilnya dibantai habis 6-0 menang hongaria. Tim Indonesia yang diperkuat pelatih asal belanda Johannes Van Mastenbroek terpaksa pulang kampong paling awal dibanding peserta lain. Tim Indonesia yang kebanyakan diisi pemain-pemain penjajah…eh belanda ini tetap puas karena merupakan satu-satunya tim dari asia yang mampu maju ke final Piala Dunia.
Apalagi setelah itu tim Indonesia belum pernah lagi mencicipi gerahnya turnamen Piala Dunia. Hingga kini, Indonesia masih bercita-cita mengulang kenangan manis masuk jajaran tim-tim elite seluruh dunia. Ayo semangan tim Indonesia, meski kinerja PSSI amburadul, korup dan ga ada yang bermutu pengurusnya, tim merah-putih tetap harus berjuang menggapai tampuk Piala Dunia!!

0 komentar:

Posting Komentar